Menajamkan Yang Pejal

pencil-1051992_1280

gambar: pixabay.com

Terakhir menyutradarai 3 tahun yang lalu. Pasti sudah mulai pejal naluri dan sensitifitas gue menata cerita visual. Perlu diraut.

Apalagi macam gue yang display ilmunya tidak datang dari ranah audio visual. Modal gue cuma cinta keras kepala dan segepok impuls untuk tidak pernah berhenti belajar.

Berbagai macam hal gue pakai sebagai rautan.

Salah satunya akun ini. Belakangan gue sering menimba pelajaran dari sini. Banyak akun-akun lain tentang film dan segala teknisnya, tapi yang klop dengan ulir gue, akun yang tadi itu.

Tiap akan menyutradarai gue pasti mencari bahan referensi. Paling pertama musik. Gue butuh ritme filmnya. Buat Satu Hari Nanti, karena ini benturan emosional karakter yang remaja di tahun 2000-an, yang menjadi sumber gue adalah band ini.  Terutama album ini, menemani gue saat menulis skenarionya. Tentu album-album lainnya juga gue putar ulang.

Kalau yang rutin, biasalah. Usual suspect gue: Counting Crows dengan August and Everything After. R.E.M yang mana pun. Pearl Jam yang Vs. U2 yang paling dekat jangkauan. Bisa juga Appetite for Destruction. Coldplay album debut. Revolver. Velvet Underground. Kampungan. Generasi Biru. Belum Ada Judul. Cikal.

Lantas, ada beberapa film yang secara khusus gue kunjungi tiap mau menyutradarai. Apa pun genre film yang gue buat. Buat chargingAll President Men. Manhattan. The Godfather. Boogie Night. The Long GoodbyeThe Apartment. Tokyo StoryJerry Maguire. Ini kurang lebih sih. Banyak lagi pasti. Karena gue kutu film yang memang belajarnya langsung dari film.

Buku juga banyak yang gue baca. Beberapa terus dibaca ulang. Kayak: bukunya Steven Katz. Nicholas Proferes. Juga buku model David Mamet dan Sidney Pollack. Dua yang terakhir favorit gue untuk hal penyutradaraan dari sudut langsung sutradara. Asyik betul dan dengan dua perspektif yang lumayan beda. Mamet cenderung ‘galak’ sementara Pollack sangat ‘humble’. Oh iya, buku ini juga asyik.

Segitu dulu ceritanya. Mau rapat produksi.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s